Sabtu, 24 Maret 2012

Tafsir Surah An-Nas Fi Zilalil Quran

SURAH AN-NAS
Surah Manusia
Surah (114) - Makkiyah - 6 ayat
بِسْمِ الّلهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
Dengan nama Allah Yang Maha Penyayang dan Maha Pengasih.
( ُق ْ ل َأعُوُذ بِرَبِّ النَّاسِ ( 1
1. Katakanlah (wahai Muhammad) aku pohon perlindungan pada Tuhan
yang memelihara manusia.
( مَلِكِ النَّاسِ ( 2
2. Yang menguasai (dan memerintah) manusia.
( إَِلهِ النَّاسِ ( 3
3. Tuhan yang disembah manusia.
( مِن شَرِّ اْلوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ ( 4
4. Dari kejahatan (Syaitan) pembisik yang datang dan menghilang.
( الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ ( 5
5. Yang membisik (kejahatan) di dalam dada manusia.
( مِنَ الْجِنَّةِ وَ النَّاسِ ( 6
6. Iaitu dari (Syaitan) jin dan manusia.
Dalam surah ini dipohonkan perlindungan pada Tuhan yang
memelihara manusia, yang memerintah manusia dan yang disembah
manusia dan perkara yang dipohon perlindungan ialah kejahatan Syaitan
yang datang dan menghilang iaitu yang membisik kejahatan dalam hati
manusia iaitu dari Syaitan yang tidak nampak dan Syaitan manusia.
Memohon perlindungan pada Tuhan yang memelihara, yang memerintah
dan yang disembah itu bererti menghadirkan sifat-sifat Allah yang Agung
yang dapat menolak segala kejahatan umumnya dan kejahatan Syaitan
pembisik yang datang dan menghilang khususnya.
Ar-Rab ialah sifat Allah yang memelihara, mengasuh, mengarah,
menjaga dan melindung. Al-Malik ialah sifat Allah yang memilik,
memerintah dan mentadbir. Al-Ilaah ialah sifat Allah yang menguasai segalagalanya.
Semua sifat-sifat ini berkuasa memberi pertolongan dan kejahatan
yang meresap dalam hati-hati manusia yang tidak mengetahui bagaimana
hendak menolak kejahatan-kejahatan yang tersembunyi itu.
Allah itu adalah pemelihara dan pelindung segala makhluk,
pemerintah segala makhluk dan penguasa segala makhluk, tetapi di sini
Allah disebut khusus sebagai pemelihara dan pelindung manusia,
pemerintah manusia dan Tuhan yang disembah manusia supaya manusia
merasa begitu hampir kepada-Nya dalam detik-detik mencari perlindungan
dan naungan.
Allah telah mengarahkan Rasul-Nya SAW dan sekalian umatnya,
supaya mencari perlindungan dan naungan pada-Nya dengan menghadirkan
pengertian-pengertian dan sifat-sifat tersebut semoga diperlindungkan
mereka dari kejahatan yang sangat halus jejak langkahnya, yang tidak
terdaya ditolakkannya melainkan dengan pertolongan Allah pemerintah dan
penguasa yang Maha Agung, kerana kejahatan yang halus itu menyerang
mereka tanpa disedari.
Mula-mula Allah menyebut sifat Syaitan sebagai:
( مِن شَرِّ اْلوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ ( 4
4. Dari kejahatan (Syaitan) pembisik yang datang dan menghilang.
Kemudian Dia menyebut kerjanya:
( الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ ( 5
5. Yang membisik (kejahatan) di dalam dada manusia.
Kemudian Dia memperkenalkan hakikatnya:
( مِنَ الْجِنَّةِ وَ النَّاسِ ( 6
6. Iaitu dari (Syaitan) jin dan manusia.

Tertib susunan ini membangkitkan kesedaran dan perhatian untuk
mengenal hakikat Syaitan pembisik yang datang dan menghilang itu dan
cara-cara ia bekerja melaksanakan kejahatannya sebagai persediaan untuk
menolak dan mengawasi gerak langkahnya. Apabila seseorang itu menyedari
bahawa Syaitan yang tidak nampak itu membisikkan kejahatan dalam hati
manusia secara halus dan tidak dapat dilihat begitu juga apabila ia menyedari
ada manusia yang dapat menyerap ke dalam dada dan menaburkan
kejahatan dalam hati manusia sama seperti Syaitan yang tidak nampak itu,
maka ia akan bersiap sedia untuk mempertahankan dirinya dari kejahatan
itu, kerana ia telah mengetahui tempat persembunyian, pintu dan jalan
masuk (Syaitan-syaitan itu).
Kita tidak mengetahui bagaimana berlangsungnya bisikan Syaitan,
tetapi kita merasakan kesan-kesannya dalam jiwa dan dalam realiti hidup
kita. Kita sedar bahawa pertarungan antara Adam dengan Iblis adalah satu
pertarungan yang amat lama. Kita sedar bahawa Syaitan telah
mengisytiharkan perang berterusan, iaitu satu perisytiharan yang lahir dari
tabiat jahat yang ada dalam dirinya, dan lahir dari sifat-sifat angkuh, hasad
dengki dan dendam kesumatnya terhadap manusia.
Kita sedar Syaitan telah meminta kebenaran dari Allah untuk memerangi
manusia, dan permintaannya itu telah diluluskan Allah kerana suatu hikmat
yang diketahui-Nya. Walau bagaimanapun Allah tidak membiarkan manusia
mengharungi perjuangan itu tanpa senjata, malah Dia telah menjadikan
keimanan sebagai perisai untuk mereka, zikir sebagai kelengkapan perang
dan doa memohon perlindungan sebagai senjata. Andainya manusia itu
lupakan perisai, kelengkapan dan alat senjatanya maka dialah sahaja yang
patut disalahkan.
Dari Ibn 'Abbas RA katanya sabda Rasulullah SAW:
"Syaitan itu duduk mencangkung di atas hati manusia, apabila manusia menyebut
Allah ia akan mengundurkan diri dan apabila manusia lalai ia akan membisikkan
kejahatan."
Mengenai penggoda-penggoda dari kalangan manusia pula kita
memang mengetahui dan mengenali banyak dari hasutan-hasutan dan
bisikan-bisikan mereka yang jahat, malah kita tahu bahawa di antara hasutan
dan bisikan jahat manusia itu ada yang lebih buruk daripada hasutan dan
bisikan Syaitan. Mereka terdiri daripada: Teman-teman jahat yang
menaburkan kejahatan ke dalam hati dan akal kawannya tanpa disedari dan
diawasi olehnya kerana ia teman yang dipercayainya.
Pemagar-pemagar yang mengelilingi pembesar-pembesar yang
membisikkan fikiran-fikiran yang jahat kepada mereka sehingga mereka
bertindak ganas dan zalim terhadap rakyat jelata negerinya. Tukang-tukang
umpat dan fitnah yang pandai bermadah dengan kata-kata yang begitu indah
dan licin hingga apa yang dikatakannya itu kelihatan seolah-olah amat benar
dan tidak dapat dipertikaikan lagi. Penjual-penjual nafsu yang masuk dari
pintu-pintu naluri dengan gaya yang amat menarik yang tidak dapat ditolak
melainkan dengan kesedaran hati nurani dan pertolongan dari Allah.

Di sana terdapat berpuluh-puluh jenis pembisik kejahatan yang datang
dan menghilang, yang membuat perangkap-perangkap kejahatan dan
menyeludupkannya ke dalam hati manusia. Mereka adalah lebih jahat
daripada Syaitan-syaitan yang tidak nampak dan lebih halus daripada jejak
langkahnya. Manusia memang tidak berupaya untuk menolak bisikanbisikan
kejahatan yang halus, kerana itu Allah menunjukkan perisai dan alatalat
senjata kepada mereka supaya mereka dapat menempuh pertarungan
yang dahsyat itu.
Syaitan pembisik itu telah disifatkan dengan kelakuan "datang dan
menghilang" ini adalah satu isyarat yang mengandung tujuan, kerana dari
satu segi sifat itu menunjukkan bahawa kelakuan Syaitan itu lebih suka
bersembunyi dan menunggu peluang. Andainya terbuka ia akan meresap
masuk perlahan-lahan membisikkan kejahatan-kejahatannya, dan dari satu
segi yang lain pula menunjukkan satu kelemahan Syaitan apabila berdepan
dengan mereka yang sedar dan siap-siaga mengawal pintu hatinya. Oleh
sebab itu semua pembisik-pembisik kejahatan sama ada dari Syaitan yang
tidak nampak atau dari Syaitan-syaitan manusia apabila dilawan mereka
akan berundur menyembunyikan diri sebagaimana yang digambarkan oleh
Rasulullah SAW,
"Apabila manusia menyebut nama Allah, ia akan mengundurkan dirinya dan apabila
manusia lalai, ia akan membisikkan kejahatan."
Isyarat ini boleh menguatkan hati seseorang untuk menghadapi
Syaitan pembisik kejahatan, kerana ia bersifat datang dan menghilang iaitu
bersifat lemah apabila ia berdepan dengan alat senjata orang mu'min di
medan pertempuran. Dan satu segi yang lain pertarungan dengan Syaitan
merupakan satu pertarungan lanjut yang tidak akan tamat. Syaitan selamalamanya
menunggu peluang untuk menyerang manusia pada saat-saat
kelalaian, dan pertarungan itu akan terus meletus sekali kalah dan sekali
menang hingga sampai kepada hari Qiamat sebagaimana yang digambarkan
di berbagai-bagai tempat dalam al-Qur'an di antaranya ialah gambaran yang
menarik dalam surah al-Isra' yang berikut:
وَإِذْ ُقْلنَا لِلْمَلآئِ َ كةِ اسْجُدُوْا لآدَمَ َفسَجَدُوْا َإلاَّ إِبْلِيسَ قَا َ ل َأَأسْجُدُ لِمَنْ خََلقْتَ طِينًا
(61)
61. "Dan (kenangilah) ketika Kami berfirman kepada para Malaikat,
Sujudlah kamu kepada Adam, lalu mereka sekalian pun sujud kecuali
Iblis, ia berkata: Adakah wajar aku sujud kepada orang yang telah Engkau
ciptakannya daripada tanah?"
قَا َ ل َأرََأيْتَكَ هَ َ ذا الَّذِي َ كرَّمْتَ عََليَّ َلئِنْ َأخَّرْتَنِ إَِلى يَوْمِ الْقِيَامَةِ لأَحْتَنِ َ كنَّ ُذرِّيَّتَهُ َإلاَّ
( َقلِي ً لا ( 62

62. Dia berkata lagi, "Terangkanlah inikah orangnya yang telah Engkau
muliakannya lebih daripadaku? Sesungguhnya jika dapat Engkau
memberi tempoh kepadaku sehingga hari qiamat nescaya akan ku sesatkan
zuriatnya kecuali sebahagian yang kecil."
( قَا َ ل ا ْ ذهَبْ َفمَن تَبِعَكَ مِنْهُمْ َفإِنَّ جَهَنَّمَ جَزَآؤُ ُ كمْ جَزَاء مَّوُْفورًا ( 63
63. Lalu Allah menjawab: "Baik pergilah! Sesiapa daripada mereka yang
mengikut engkau, maka neraka Jahannamlah balasan yang sungguh padan
untuk kamu."
وَاسْتَ ْ فزِزْ مَنِ اسْتَ َ طعْتَ مِنْهُمْ بِصَوْتِكَ وََأجْلِبْ عََليْهِم بِخَيْلِكَ وَرَجِلِكَ وَشَارِ ْ كهُمْ
( فِي الأَمْوَالِ وَالأَوْلادِ وَعِدْهُمْ وَمَا يَعِدُهُمُ الشَّيْطَا ُ ن إِلاَّ ُ غرُورًا ( 64
64. "Dan kejutkan dengan suaramu sesiapa sahaja daripada mereka yang
dapat engkau lakukan, dan kerahkan angkatan berkudamu dan
kerahkanlah angkatan jalan kakimu untuk menyerang mereka, dan
berkongsilah harta-benda dan anak-pinak dengan mereka dan kemukakan
janji-janjimu kepada mereka, dan sebenarnya tiada apa yang dijanjikan
Syaitan kepada mereka melainkan hanya tipu daya sahaja."
( إِنَّ عِبَادِي َليْسَ َلكَ عََليْهِمْ سُلْطَا ٌ ن وَ َ كَفى بِرَبِّكَ وَكِي ً لا ( 65
65. "Sesungguhnya engkau tidak mempunyai kuasa untuk menguasai
hamba-hamba kesayangan-Ku, dan cukuplah Tuhanmu itu menjadi
penjaga."
Inilah gambaran perjuangan dan motif-motifnya yang jahat sama ada
perjuangan secara langsung dari Syaitan atau perjuangan melalui manusiamanusia
yang menjadi agen-agennya, dan dalam perjuangan itu manusia
akan tetap merasa ia tidak terus kalah, kerana Tuhan yang memelihara dan
menguasainya dan Tuhan yang disembahnya itu tetap berkuasa di atas
seluruh makhluk-Nya. Walaupun Allah membenarkan Iblis melancarkan
peperangan menentang manusia, tetapi Dia tetap menguasai Iblis itu. Dia
hanya membiarkan Syaitan itu menakluk orang-orang yang lalai dari Tuhan
mereka sahaja, sedangkan orang-orang yang mengingati Allah akan
terselamat daripada kejahatan dan bisikan Syaitan yang halus: Kini jelaslah
bahawa kebaikan itu haruslah bersandar kepada kekuatan dan hakikat Ilahi
yang sejati yang tiada kekuatan dan hakikat yang lain daripadanya dan
pastilah bersandar kepada Allah Tuhan yang memelihara, Tuhan yang
memerintah dan Tuhan yang disembah, sedangkan kejahatan pula bersandar
kepada bisikan Iblis yang datang dan menghilang, yang lemah apabila
ditentang, yang mundur ke belakang apabila ditempur dan yang tewas di
hadapan perlindungan dan naungan Allah.

Jumat, 23 Maret 2012

YANG MAHA PERKASA BUTUH PERTOLONGAN MANUSIA?

  • Dimitar Berbatov

    AWLOH YANG MAHA PERKASA BUTUH PERTOLONGAN MANUSIA
    QS 47:7
    Hai orang-orang yang beriman, jika kamu menolong(Agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.
    QS 57:25
    Sesungguhnya Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan membawa bukti-bukti yang nyata dan telah Kami turunkan bersama mereka Al Kitab dan neraca supaya manusia dapat melaksanakan keadilan. Dan Kami ciptakan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia, dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolongNya dan rasul-rasul-Nya padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa.
    QS 22:40
    Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong-Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuat lagi Maha Perkasa
    >>>>>>>>>>>>>>.MOHON PENCERAHANNYA YAH UMAT MUSLIM????????....thx sebelum'a20 jam yang lalu · Suka

  • Amar Ar-Risalah
    dalam alquran, ada yang disebut qiyas dan khitab.ini kaidah tatabahasa alquran.

    qiyas itu, perumpamaan. nah, tafsiran dari ayat ini adalah qiyas dari menegakkan dan melaksanakan ajaran agama. ayat ini turun pada saat datang seruan untuk berperang, dan ayat selanjutnya membakar semangat untuk berperang.
    kenapa demikian?
    apakah jika pernyataan dimitar, bahwa Allah butuh pertolongan, maka berarti Allah "pada kondisi itu" menjadi tidak kuasa, alias menjadi mustahil menolong kita. jika ada yang minta tolong, sudah pasti -mengharapkan- pertolongan dari yang lebih kuat. satu ayat ini saja menjadi kontradiktif apabila kita menuruti tafsiran dimitar.
    akan tetapi sesuai qiyas bahwa ayat ini adalah menegakkan hukum islam dengan memerangi kerajaan yang memerangi madinah kala itu, maka efeknya ""niscaya Dia menolongmu, dan meneguhkan kedudukanmu"
    bila memang menolong Allah secara person, secara denotatif, bukan secara konotatif, efeknya bukan kepada diri si penolong, tetapi Diri Allah sendiri, akan tertulis "akan bertambah teguh Aku"
    tetapi tidak, justru si penolong yang makin teguh, ini menunjukkan bahwa hakikatnya, menolong Allah berarti konsekuen menegakkan agama, dalam hal ketika datang gangguan yang mampu meruntuhkan bangunan iman yang ditegakkan Muhammad dan sahabatnya, maka bangkitlah kamu kaum Muslim, untuk menolong Agama kalian semua, agar teguhlah kedudukan Agama Islam dari serangan. "dan meneguhkan kedudukanmu", meneguhkan diri sendiri melalui menyelamatkan agama islam. disini, Allah hanya hendak menguji siapa yang betul-betul rela memeluk islam, bukan karena paksaan.
    maka disini Allah menggunakan diksi "jika" yang berarti memberi kuasa memilih, memberi pengandaian, kita mau... maka tolonglah, bila tidak.. tidak akan dipaksa, sepeerti juga prinsipnya tidak dipaksa untuk memeluk islam. inilah tafsir yang betul bagi kami,"padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa."
    seperti juga ujian pada Israel, bagaimanakah Israel kala itu hendak menuruti Moses padahal Tuhan tidak dapat dilihat? apakah hanya dengan diberikan pilihan untuk menolong agama oleh "sesuatu" yang tak dapat diindera lantas kita menjadi ingkar dan goyah?
    makna sesungguhnya adalah pengujian iman, agar menjadi pelajaran, tanpa perlu melihat Dia, tertanam kecintaan dan rasa butuh yang sejati pada Allah. dengan ini, maka teguhlah dengan sendirinya kedudukan kaum muslim, diatas kerelaan menolong Agamanya sendiri, meski ia tidak melihat Dia yang dicintai. khitabnya (arah ayatnya) bukan kepada person Allah, tetapi diqiyaskan kepada menolong diri sendiri dengan cara menolong keteguhan bangunan iman dan agama.19 jam yang lalu · Suka


  • Amar Ar-Risalah dan diakhir, Tuhan menegaskan bukan person Dia yang perlu ditolong, tetapi bangunan imanmu sendiri, "Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa."
    tidak perlu penolong.... karena hakikatnya kamu "menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu(sendiri)"19 jam yang lalu · Suka


  • Dimitar Berbatov bro Amar====ada org muslim yg blg sm gw klo ALQURAN i2 gampang d artiin,klo d ibaratkan kaya mkn agar2,,lgsg d telan jga bisa?????beda dgn ALKITAB,,dmna antra Ayat yg satu dgn ayat lain'a saling melengkapi,,jdi klo ngabil ayat asal comot akan berbeda maknanya....maka'a d dlm Kristen jdi Pendeta harus melalui pembelajaraan Teologia...gmna tuh bro tanggapan lu??
    18 jam yang lalu · Suka

  • Amar Ar-Risalah
    yaa tidak sepenuhnya benar muslim itu...ada ayat yang memang mudah diartika seperti teks biasa, seperti "jangan mendekati zinaa!" ada juga ayat yang perlu diartikan lanjut, caranya,

    ada hadits ketika Muhammad mengirim juru dakwa Muadz Ibn Jabal ke Yaman, ia bertanya
    bagaimana kamu akan mengajarkan Alquran bagi mereka, dan kamu tiba-tiba menemui kesulitan?
    aku akan mencari hikmahnya dengan ayat lain
    jika tidak ada?
    aku kan mencarinya melalui mengingat kata-katamu tentang masalah itu
    jika tidak ada?
    aku akan berijtihad sekuatku
    Muhammad mengakhiri dan berkata, benarlah kamu wahai Muadz, (sambil menepuk dada muadz tanda menyemangati) dan berkata lagi "berlaku lunaklah kepada mereka (penduduk yang kamu dakwahi)"
    ini namanya koherensi. mencari hubungan antar ayat,18 jam yang lalu · Suka


  • Dimitar Berbatov ko bisa githu sih????misalnya aja hadits...klo ada haits yg menyudutkan muhamad d blg hadist i2 tdk kuat tpi klo sebaliknya umat islam bgtu bangga'a dgn muhamad.....
    18 jam yang lalu · Suka

  • Amar Ar-Risalah
    hmm kriteria hadits tidak kuat itu, dilihat dari unsurnya.. ada matan (isi haditsnya) ada sanad (hubungan antar pembawa pesan, seperti kata berrantai) dan rawi, orang yang menjadi pembawa. ada kaidah hadits yang dapat diterima dari sisi matan

    1. tidak bertentangan dengan logika dan nalar
    2. tidak bertentangan dengan quran
    3. tidak bertentangan dengan fakta ilmiah
    4. tidak bertentangan dengan hukum alam dan hukum kekuasaan Tuhan
    5. tidak bertentangan dengan kebiasaan logis.
    relatif, bila menyudutkan. dalam islam,semua nabi sejak adam hingga Muhammad dinyatakan dijaga dari dosa. selain itu, kadang bertentangan dengan fakta sejarah dan ilmiah yang berhasil dibukukan para peneliti.18 jam yang lalu · Suka



  • Dimitar Berbatov oy amar kan lu yg blg Hadis Sahih Muslim 1150:
    Sebelum mencium Hajar Aswad itu, Muhammad mengucapkan: “Labbaik allahuma labbaik” yang berarti : “Ya Allah atas panggilanMu aku datang kepadaMu.” bunyinya bkn sprti i2.......lalu bgmn bunyinya???gw bru sadar klo lu sebelumnya yg coment i2....mari kita bahas dri awal....dan benar gak org yg naik haji berkata sprti i2 lalu mencium Hajar Aswad....18 jam yang lalu · Suka


  • Kurt Westergaard tradisi menyembah dan mencium batu yg dianggap muslim2 adalah symbol ketauhidan, sayang sekali mereka tidak sadar sedang mempertontonkan ke'syirikan' krn tradisi haji ini tidak ada dalam quran.

    apakah awloh swt adalah sebongkah batu? tolong muslim berikan pencerahan...18 jam yang lalu · Suka

  • Amar Ar-Risalah
    iya juga ya.

    oke,
    pertama saya tidak mengkritisi matanhaditsnya, hanya urutannya. bab hajji dalam tertib sususnan kitab hadits selalu pada bab awal, dan itu belum mencapai angka itu. di buku Himpunan Hadits Shahih Bukhari-Muslim, tidak ada hadits ini. nomor itu diisi hadits pertempuran.
    labbaik.. artinya aku sambut.
    labbaika, aku sambut engkau. Labbaik Allahumma, labbaik, aku sambut, wahai Allah, aku sambut seruan Engkau
    pada prakteknya, orang berhaji bukan pada saat Thawaf mengucapkan itu. karena, ini diucapkan sepanjang pelaksanaan hai sebagai semboyan, bukan doa khusus.
    selanjutnya, hadits ini dapat menjadi logis karena sepanjang pengerjaan haji bersemboyan itu, maka saat thawaf pun demikian. karena pada saat thawaf dilaksaanakan penghormatan pada hajar aswad, maka diucapkan pula talbiyah. bukan hanya pada saat encium saja.
    mencium disini, dengan isyarat tangan yang disentuhkan ke bibir dan dilambaikan dari jauh, atau menyentuhkan tangan dan mulut kebatu, ini menurut fatwa ulama dulu. penciuman ini hanya sunnah, bisa ya bisa tidak dikerjakan, tidak berdosa. maka dari itu, Khalif Ketiga Umar Ibn Khattab Al-Faruuq berkata (kamu hanya batu, andai aku tidak melihat Muhammad menciummu tentu aku tak akan. ini menunjukkan bahwa hajar aswad bukanlah tuhan, karena ucapan umar ini dapat diartikan kenetralan perasaan, bukan untuk memuja.
    tentang artinya, ada semacam keyakinan bahwa Isma'il menemukan batu ini dijatuhkan dari surga, maka ini simbol bahwa hajji bertujuan mendekatkan kita pada kecintaan berbuat kebaikan dalam kebersamaan untuk meraih surga. simbolnya kenapa diletakkan disisi ka'bah, namun tidak didalamnya, karena surga hanya hadiah. ada tujuan utama lain, yaitu gerak berpusar pada satu poros, kakbah. melambangkan bahwa segala dimensi perbuatan kita hanya berpusar pada ketaatan pada Allah "dan kami tidak ciptakan jinn dan manusia kecuali untuk beribadah semata"
    dalam quran sendiri hajar aswad tidak disebut, menunjukkan bukan tema utama haji. ka'bah sekalip18 jam yang lalu · Suka


  • Kurt Westergaard Jadi menurut anda, penciuman batu tsb bukanlah sebagai Syirik?

    bagaimana jika ada beberapa orang dr suatu agama, bersujud dan mencium batu itu sambil berteriak2, Tuhan ak datang memenuhi panggilanMu
    Syirikkah itu menurut anda bung?17 jam yang lalu · Suka


  • Dimitar Berbatov dalam quran sendiri hajar aswad tidak disebut, menunjukkan bukan tema utama haji. ka'bah sekalip>>>>>>>>>>>>>>Tpi bro,,gw prnh bca artikel klo pergi haji gak cium i2 batu hitam d blh haji'a gak SAH....bhkn d arab sndri ada pengawal ato algojo yg bsa d pinjam jasanya utk m'permudah jamaah haji mencium batu hitam...dan i2 d bayar loh???????
    17 jam yang lalu · Suka


  • Dimitar Berbatov dalam quran sendiri hajar aswad tidak disebut, menunjukkan bukan tema utama haji. ka'bah sekalip>>>>>>>>>>>>>>Tpi bro,,gw prnh bca artikel klo pergi haji gak cium i2 batu hitam d blg haji'a gak SAH....bhkn d arab sndri ada pengawal ato algojo yg bsa d pinjam jasanya utk m'permudah jamaah haji mencium batu hitam...dan i2 d bayar loh???????
    17 jam yang lalu · Suka

  • Amar Ar-Risalah

    pun dalam quran hanya disebut Rumah yang tuiaa, menunjukkan bahwa kakbah bukanlah tujuan haji yang terutama.
    tradisi haji ada dalam Alquran, mesi tidak dirinci. ini ayatnya,
    1. dan tunjukilah kami cara-cara dan tempat-tempat Hajji, dan terimalah taubat kami (2:128)
    2. mereka bertany apadamu tentang bulan yang sabit, katakanlah, "bulan sabit adalah tanda waktu bagi manusia (penanggalan) dan tanda waktu haji" (2:189)
    3. dan sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena Allah ( 2 : 196)
    dan banyak lagi.
    dalam Ciri Khusus Cira Islam, Sayyid Quthb memberi penjelasan bahwa, islam adalah agama yang tetap tak berubah, absolut, maksudnya, berputar pada poros yang tetap, islam memiliki jalus syariatnya yang membedakan dari agama lain, sepeti planet. Allah lah sebagai sentral grafitasi, yang dilambangkan kakbah, seperti halnya Yesus dilambangkan Salib, bukankah hakikatnya bukan Salib yang menjadi tuhan, Salib hanyalah dua kayu dan seutas tali. makna dibaliknyalah yang menjadikannya suci, sama seperti kakbah dan hajar aswad, bahwa kami umat muslim, hanya diperbolehkan berpusar di lingkaran Allah, bukan lingkaran lain seperti Syaithan atau keatheisan.17 jam yang lalu · Suka

  • Amar Ar-Risalah dalam kisah mukjizat ibrahim, disebutkan Allah memerintahkannya untuk menyerukan agar manusia berhaji kesana. ibrahim lalu memanggil manusia dan suaranya diperdengarkan kedalam telinga setiap manusia. maksudnya sambut disini adalah labbaika, aku sambut panggilanMu untuk berkumpul.
    17 jam yang lalu · Suka


  • Kurt Westergaard

    dalam Ciri Khusus Cira Islam, Sayyid Quthb memberi penjelasan bahwa, islam adalah agama yang tetap TAK BERUBAH, absolut, maksudnya, berputar pada poros yang tetap.
    ============================
    Tak berubah? wong kiblat saja bisa berubah kok...Awloh swt kah yg merubah kiblat itu?
    apakah awloh sebagai sentral grafitasi? apa lagi ini?
    kakbah jadi lambang awloh? opini pribadi Sayyid yg tidak didukung dgn fakta, hanya percaya saja?
    Bung, arti salib jauh sekali dgn arti hajar aswad dan arti kakbah bagi islam....
    salib lebih sederhana, silang ke atas (vertikal) adalah hubungan Tuhan dgn manusia dan silang kesamping (Horizontal) adalah hubungan manusia dgn sesamanya. sesederhana itu bung.
    bagaimana dgn kakbah dan hajar aswad? apa artinya itu bung?
    ketika sekelompok manusia mengelilingi dan mencium sebongkah batu dan berseru2"? tidak ada artinya sama sekali, krn apa yg dilakukan mereka hanya mengikuti nabi muhammad yg jelas2 tdk membuktikan bhw kakbah adalah lambang Tuhan...anda punya bukti penelitian bhw hajar aswad adalah batu dr surga? atau kakbah sebagai pusat grafitasi? hmmmm17 jam yang lalu · Suka


  • Kurt Westergaard Ibrahim aka abraham? tidak ada bukti2 bhw jaman ibrahim sudah ada kakbah kecuali dlm islam sendiri....atau memang ibrahim versi islam saja yg ada cerita2 semacam itu? adakah bukti2 lain selain dalam islam yg membenarkan kisah itu? mohon pencerahannya
    17 jam yang lalu · Suka


  • Dimitar Berbatov
    seperti halnya Yesus dilambangkan Salib, bukankah hakikatnya bukan Salib yang menjadi tuhan, Salib hanyalah dua kayu dan seutas tali. makna dibaliknyalah yang menjadikannya suci>>>>>>>>>mas apa ada umat Kristen yg cium salib dan berkata trma kasih Tuhan Yesus....jika anda org i2 sesat n tdk mengerti Kekristenan krn Tuhan Yesus tdk ada d benda mati sprti kalung salib.....tpi klo soal batu hitam yg d cium ini bgy saya jelas2 musyrik.......klo ada org yg ksh sesajen k kuburan ato k tmpt keramat kita jelas2 blg musrik ato menduakan Tuhan...apalgy jika mencium batu hitam n berkata sprti i2....bgy saya i2 jelas2 kemusrikan'a....
    17 jam yang lalu · Suka

  • Amar Ar-Risalah
    yaa sebagaimana nabi-nabi diatas dan dibawah generasi ibrahim, hanya masing-masing agama kita yang memiliki bukti.

    Tak berubah? wong kiblat saja bisa berubah kok...Awloh swt kah yg merubah kiblat itu?
    apakah awloh sebagai sentral grafitasi? apa lagi ini?
    kakbah jadi lambang awloh? opini pribadi Sayyid yg tidak didukung dgn fakta, hanya percaya saja?
    bagaimana dgn kakbah dan hajar aswad? apa artinya itu bung?
    perhatikan informasi yang ada, kakbah sebagai kiblat tak pernah berubah arah, hanya, perhitungan ahli yang menyatakan arah kiblat masjid yang lurus ke arah matahari barat, melenceng 27 derajat dari posisi kakbah di makkah. bukan berarti, kakbahnya yang bergeser, hanya kita umat islam yang mengasumsikan bahwa makkah berada disebelah barat indonesia.
    selanjutnya, Allah sebagai grafitasi maksudnya perumpamaan. lihat dalam peredaran planet. ilmu pengetahuan membuktikan bahwa, planet berrotasi mengikuti efek bola dan trampolin. grafitasi matahari menarik mereka lurus ke tengah namun dalam perjalanannya, planet memiliki grafitasi sendri sehingga mewujudkan geraknya dalam gerak berputar.
    maknanya dalah, dari hikmah peredaran planet dan grafitasi, Allah seolah adalah pusat grafitasi dan kita bersikap seperti planet yang dalam aplikasi nyatanya, agama islam dan muslim hidup berpusar hanya pada lingkaran "grafitasi" atau kekuatan dan hukum Allah, mengikuti arus agama islam.
    Sayyid seorang mufassir. pendapatnya berdasar ayat Allah. "matahari dan bulan mengikuti garis edar" dala Ar-Rahmaan. dan pada hakikatnya, bukankah segaala ciptaanNya tunduk padaNya? inilahmaksudnya bahwa seorang muslim seharusnya hanya tunduk padaNya, sesuai prinsip haji dan Thawaf berrotasi pada satu poros, mengikuti satu Tuhan dan hidup mengikuti satu jalur, jalur Tuhan.
    arti kakbah hanyalah simbol, bahwa Allah hanya satu, Allah kami hanyalah satu, di tengah, Dia menjadi sentral penyembahan dalam agama kami dan untuk mengelilinginya, untuk dapat hidup berputar dalam satu poros Tuhan itu, kita tidak boleh keluar dari sistem perputaran itu. semua sama rata, putih dan bergerak berrotasi. sebetulnya, thawaf makinlama mendekati kakbah lalu ke sisinya, maksudnya makin lama kita mendekat pada Allah apabila hidup dengan caranya. tidak lebih, ia hanyalah tumpukan batu, rumah yang tua, bisa hancur dan dihancurkan. dalam sejarah kekhalifahan bahkan ia 2 kali hancur.17 jam yang lalu · Suka

  • Amar Ar-Risalah mas apa ada umat Kristen yg cium salib dan berkata trma kasih Tuhan Yesus....---------------------- hehehehe..... bagaimana Muslim dan Kristen yang lain, ada yang bisa menjelaskan?
    17 jam yang lalu · Suka

  • Amar Ar-Risalah
    sayyid memberi pengertian Tetap Tak berubah, bahwa agama islam berpusat pada satu Tuhan. "maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama Allah (tidak berbelok kepada lain Tuhan, kepada lain pengertian, tidak mencoba membebaskan diri dari aturan tuhan), menurut fitrah Allah. tak ada perubahan pada Fitrah Allah" Ar-Ruum, 30

    hakikat manusia, hakikat pemeluk islam, adalah menurut gerak yang tetap dan tak berubah, kontinu, kepada Fitrah Allah, asal sebagaimana Allah menciptakan kita sebagai "sesuatu" bukankah segala benda tak ada yang melawan hukum Allah? Allah menetapkan Grafitasi, adakah yang melawan? tidak, semua jatuh ke pusat grafitasi...
    inilah jiwa seorang muslim, tetap pada jalan yang telah ditetapkan Allah, pada satu poros ajaran, poros tauhid, poros Tuhan Yang Satu. semuanya determin, mau tidak mau mengikuti Hukum Allah sebagai muslim. tak ada penolakan, seperti gerak planet, tak ada yang bertabrakan... mengikuti garis edar. itulah kakbah sebagai simbol, dan pusaran Jamaah sebagai simbol pergerakan yang tetap pada satu poros yang tak berubah.17 jam yang lalu · Suka

  • Amar Ar-Risalah bro dimitar telah saya jelaskan bahwa talbiyah bukan bacaan untuk mencium hajar aswad. tetapi, hadits diatas hanya menegaskan, setelah nabi bertalbiyah... lalu beliau mencium hajar aswad, bukan padaa saat mencium hajar aswad beliau bertalbiyah.
    17 jam yang lalu · Suka

  • Amar Ar-Risalah memang yang saya jelaskan terkesan utopis, dan banyak muslim melpakan ini sehingga banyak mereka bergerak dan beragama tak tentu arah.. kekacauanlah terjadi. kudeta Libya, Mesir dan Tunisia, lalu Taliban-AlQaeda, semua karena mereka melawan fitrah Allah. tidak pada satu pusat. kemiskinan, kehampaan materi ceramah di media dan lainnya.
    17 jam yang lalu · Suka


  • Viannesta Lee
    AAR~Perlu anda ketahui bos...saya simak dari tadi bahwa anda dgn bangganya menerangkan bahwa kaabah itu sentral agama islam yg anda analogikan dgn matahari sebagai poros rotasi jagat raya. Dan anda bilang itu MUTLAK tidak bisa berubah. Mungkin anda lupa bahwa suatu saat GRAFITASI itu akan dicabut dari bumi ketika kiamat tiba, ketika Yesus datang kembali menghakimi dunia.

    Sekarang adalah bahwa analogi anda tentang kaabah sebagai matahari itu tidak KEKAL adanya. Karena jangankan kaabah, mataharipun akan hancur dan keluar dari pusatnya. Sehingga tiap planet akan saling bertabrakan. Demikian memahami analogi anda tentang kaabah sebagai pusat peribadatan...
    Lagi pula kalau argumen anda benar bahwa kaabah cuma SEMACAM simbol pusat penyembahan islam, kenapa tidk di bikin di indonesia saja...??? kan hanya semacam simbol....16 jam yang lalu melalui seluler · Suka


  • Viannesta Lee Kenapa org islam harus ke MEKKAH...??? kan bisa di bikin di rumah sendiri saja, kan cuma simbol bahwa kaabah di artikan sebagai pusat penyembahan. Sama seperti argumen anda diatas...Sekali lagi..kenapa harus di MEKKAH...??? bukankah itu memperkental kesan bahwa mengelilingi kaabah dan mencium hajjar aswat adalah bentu animisme...????
    16 jam yang lalu melalui seluler · Suka

  • Amar Ar-Risalah
    hmm inilah dia.. makna makkah bagi kami adalah seperti Jerussalem bagi ummat Yahudi. Tanah Suci, sama pula bagi umat Katolik dan Sekte YHVH.

    Allah menetapkan menurut kemauannya sendiri. kenapa harus di makkah, jika dari segi geografis, makkah adalah gurun dimana sumur zam-zam menjadi satu-satunya sumber air mayor di permukaan, ini tidak menarik penjajah untuk datang, dan pada masa muhammad atau ibrahim sekalipun, memang tak ada peradaban yang menaklukan mekkah.
    nah, selanjutnya Allah ingin kami berkumpul pada satu Syuraa, satu barisan jamaah. dan untuk mendukung maksud Allah ini, kita butuh lapangan yang amat luas, dan itu ada di Makkah, tepatnya muzdalifah dan arafah. memuat 4 juta orang.
    hajji adalah ajang memberikan satu komando seperti pada hajji terakhir yang dilakukan Muhammad sebelum wafat, ia berkhutbah didepan 140.000 jamaah untuk memberi satu komando, tunduk pada satu pimpinan dan ini perlu tempat lapang.
    sejarah makkah, adalah tempat tandus yang menjadi ujian bagi Hajar dan Ismail untuk melaksanakan perintah pengusiran dari Allah, oleh ibrahim. tempat pengujian iman, itulah makkah. maukah kami berkumpul ke tempat panas dan tandus ketika diperintahkan Allah?
    yang jelas, hakikat semua tempat di bumi sama, hanya apa yang kita lakukan diatasnya yang membuatnya bermakna. tanah suci, memang. tetapi kesuciannya adalah tergantung kami, mau menjaganya tau tidak, atau malah seperti medan perang Jerussalem?16 jam yang lalu · Suka



  • Viannesta Lee AAR~Tumben ARGUMEN anda kali ini masuk akal.
    Perlu anda ketahui perlakuan orang kristen kepada Yerusalem bukan seperti perlakuan islam kepada MEKKAH.
    Sekarang saya, sehubungan dengan topik di atas apa WAJIB hukumnya untu pergi ke MEKKAH.....????16 jam yang lalu · Suka



  • Viannesta Lee AAR~Tumben ARGUMEN anda kali ini masuk akal.
    Perlu anda ketahui perlakuan orang kristen kepada Yerusalem bukan seperti perlakuan islam kepada MEKKAH.
    Sekarang saya, sehubungan dengan topik di atas apa WAJIB hukumnya untu pergi ke MEKKAH.....????16 jam yang lalu · Tidak Suka ·  1

  • Amar Ar-Risalah pergi tidak wajib, tapi pergi untuk hajji sekali seumur hidup bila memenuhi syarat itu wajib, sebagai rukun agama islam.
    16 jam yang lalu · Suka

  • Amar Ar-Risalah bisa dijabarkan bagaimana bedanya antara perlakuan kami kepada Makkah dengan Jerussalem?
    16 jam yang lalu · Suka


  • Viannesta Lee AAR~ Jika begitu, bagaimana NASIB mereka kelak yang tidak bisa pergi ke Mekkah....??? di tempatku banyak nih, karena keterbatasan ekonomi....
    16 jam yang lalu · Suka

  • Amar Ar-Risalah
    yaa itu diberi Rukhsah, keringanan. ada syarat untuk hajji. dewasa, islam, waras, sehat fisik dan rohani, cukup biaya (karena haji minimal 1 minggu) untuk biaya hidup disana dan keluarga yang ditinggal, dan mengerti tatacara, serta bukan budak.

    jika bukan ini, mereka tidak wajib haji. tidak mengapa,
    bahkan ada satu kisah. seorang ulama khalaf bermimpi, ada seorang yang masuk surga menjadi tetangga para Nabi di surga dan mendapat sebuah istana disana karena hajinya mabrur.
    lantas, ia mencari orang yang ditemui dlam mimpinya itu (disebutkan namanya)
    di suatu kota, ia bertemu dengan orang yang dimaksud. ia seorang pembuat sepatu khuff. ulama itu mengatakan, dalam mimpi ia bertemu pembuat sepatu itu dan bertanya, apa rahasianya ia dapat masuk surga.
    penjual sepatu kaget, dan menjawab, aku tidak tahu. mungkin, bebrapa minggu lalu aku dan istriku akan berhaji, uang sudah kusiapkan amat banyak dan rumah sudah ku rapihkan.
    suatu ketika, istriku mencium bau daging panggang dari sebuah rumah, da ia tiba-tiba ingin memakannya.
    awalnya aku malu memintanya, tapi istriku memaksa dan akhirnya dengan segan aku kerumah itu. ternyata, itu dalah panti asuhan
    "maaf, bolehkah sayameminta kelebihan ddaging anda?" saya bertanya, dijawab " maaf tuan..."
    ini halal bagi kami dan haram buat anda..
    saya adalah kepala rumah asuh ini. suminggu ini, kami kehabisan uang dan anak ini sudah 3 hari tak makan. aku tak mau mengemis, akhirnya kutemukan bangkai kuda yang masih baru, kubawa kesini dan itulah yang ku bakar..."
    aku terhenyak, pulang dan berkata pada istriku sejujurnya. kami memutuskan membuka bekal kami, dan memberikan semua uang hajji kami padanya. makanan dan harta. haji kami mungkin di depan rumah kami...
    ulama itu terhenyak mendengar cerita tukang sepatu itu. jadi, hajji bukan pada kunjungannya, tetapi semangat persatuan Atas Nama Allah, keikhlasan untuk merasa satu golongan, Golongan Pecinta Tuhan... hingga tak ada jarak perbedaan antara kita. hajji bukan masalah makkahnya, tapi niat dan kecintaan iman dibaliknya.15 jam yang lalu · Suka


  • Kurt Westergaard
    bung, rupanya anda tidak mengerti yg saya anggap 'Kiblat tidak berubah?" BM tadinya sebagai kiblat yg kemudian berubah arah menjadi ke Mekkah...itu saja yg anda jelaskan, mengapa terjadi perubahan sentral? apakah Awloh anda tdnya di BM kemudian pindah?

    saya seorang katholik, anda sebutkan bhw katholik mempunyai Tanah Suci? maaf bung anda keliru....disana memang ada tempat kelahiran Yesus Kristus, tapi ingat tempat itu adalah tempat Ziarah bukan suatu kewajiban mutlak bagi kami untuk mengunjunginya...
    sangat berbeda dgn muslim yg nungging 5 kali sehari kearah ka'bah...anda pun tidak brani bukan untuk sholat kearah yg berlawanan? itu lah pembedanya bung...jadi jgn anda samakan...
    Sentral grafitasi seperti anda bilang, seakan2 Awloh anda ada di Ka'bah?11 jam yang lalu · Suka


  • Dimitar Berbatov
    AAR===bsa minta ayat d ALQURAN yg gak wajib utk prgi haji gara2 faktor ekonomi.........???mari Qta berhitung perorang pergi haji pasti mengeluarkan uang minimal 50jt...coba d kali 200rb org berarti sma dengan 10.000.000.000.000!!!!!minimal10 triliun uang rakyat indonesia abis bwt prgi haji.....cmn bbrp mggu doank i2.....blom lgy klo d itung umroh.......dan dsni kelicikan org arab menurut saya,,dgn menciptakan sbuah agama lalu meraup uang yg bnyk dri haji n umroh....kita tau sndri klo pendapatan bngsa arab dri minyak bumi sedangkan minyak bumi adl SDA yg tdk dpt di perbahurui.....jdi mrka m'bwt agama dgn tujuan material saja,,,,,lebih baik n mulia jika uang tsb d gunakan utk membantu ssma anak bngsa.....lihat perlakuan bngsa arab terhadap TKI....d perkosalah,d pacunglah,d siksa,dll....tpi saat negri ini tertimpa bncana alam sprti d aceh,,siapa yg berperan besar menolong,,negara arab kah ato negara yg klian anggap kafir Amerika n Australia??????????????????????saya melihat dri segi ekonomi yg d blg arab i2 tanah suci.....
    6 jam yang lalu · Suka

  • Amar Ar-Risalah
    sentral grafitasi... maksudnya adalah kiasan bahwa Allah adalah pusat ajaran islam, ajaran islam tak bisa mengambil sumber dari selain Allah...

    dalam kaidah ilmu fiqh, banyak ayat yang melarang kita melakukan ibadah hingga memaksa.
    contoh, Allah melarang berlebihan shalat malam dan melarang memungut infak secara berlebihan. dan ada surat at-takaatsur yang melarang berlebih lebihan dalam segala hal, yang bila saya jelaskan disini akan sangat panjang.
    hm.. baiklah, katolik tidak memiliki tanah suci, lalu kenapa dalam literatur seringkali disebutkan "the holy land of jerussalem" dan penulisnya bukan orang islam.
    bsa minta ayat d ALQURAN yg gak wajib utk prgi haji gara2 faktor ekonomi.........???mari Qta berhitung perorang pergi haji pasti mengeluarkan uang minimal 50jt...coba d kali 200rb org berarti sma dengan 10.000.000.000.000!!!!!minimal 10 triliun uang rakyat indonesia abis bwt prgi haji.....cmn bbrp mggu doank i2.....blom lgy klo d itung umroh.......dan dsni kelicikan org arab menurut saya,,dgn menciptakan sbuah agama lalu meraup uang yg bnyk dri haji n umroh....kita tau sndri klo pendapatan bngsa arab dri minyak bumi sedangkan minyak bumi adl SDA yg tdk dpt di perbahurui.....jdi mrka m'bwt agama dgn tujuan material saja,,,,,lebih baik n mulia jika uang tsb d gunakan utk membantu ssma anak bngsa.....lihat perlakuan bngsa arab terhadap TKI....d perkosalah,d pacunglah,d siksa,dll....tpi saat negri ini tertimpa bncana alam sprti d aceh,,siapa yg berperan besar menolong,,negara arab kah ato negara yg klian anggap kafir Amerika n Australia??????????????????????
    "tidak kami ciptakan Jin dan Manusia, kecuali untuk beribadah kepada Allah"
    sekali lagi, kembali pada pembahasan awal kita, segala ibadah kami bukan sekedar berziarah pada tempat tertentu, atau berlibur. segalanya dilakukan untuk Allah, tanpa kami membangkang. kami tak ingin membangkang perintah Allah, dimanapun ia memerintahkan kami ergi, kemana saja, kesanalah kami akan pergi. ingat, dulu 1400 tahun lalu belum dikenal konsep pariwisata.apa lagi bea masuk atau perdagangan berbasis turisme.
    bahkan perintah ini telah ada sejak ibrahim (dalam islam), maka tudingan bahwa ini untuk memperkaya diri tidak tepat.
    kembalilagi tentang biaya. makna hajji adalah persatuan, digambarkan dari berkumpulnya ummat dan dengan pakaian yang sama.
    ini menunjukkan aspek sosial harus diutamakan, ketimbang sekedar pergi haji bila toh hajjinya tidak membawa perubahan dalam diri.
    tanah suci kami adalah Makkah, tak ada hubungannya, kami tidak menziarahi bangsa arab tetapi kami menyambut panggilan hajji dari Allah dalam Al-Quran.
    ada atau tidak bangsa arab, bukan masalah. kami akan tetap beribadah ke tanah suci kami, Makkah. masalah bagaimana perilaku bangsa Arab pada bangsa kita, tidak ada hubungannya dengan tanah suci. tanah adalah tanah, bangsa adalah bangsa. bahkan tanah suci itu telah ada sejak sebelum bangsa arab modern ada.
    lagi pula, mahalnya biaya perjalanan bukankah yang menetukan bukan otoritas kota makkah, tetapi pihak pemerintah kita (det. perhubungan dan Agama) serta maskapai penerbangan? ummat islam hanya mengikuti aturan pemerintah. mahalnya biaya tidak bisa dibahas dala konteks agama. itu hany amasalah hukum internasional dan politik semata. pemerintah di Riyadh tak pernah memasang harga, dan bukankah di seluruh masjid di seluruh dunia, anda daan saya bisa masuk 24 jam sehari tanpa biaya sepeserpun? pintu terbuka lebar buat anda dan saya. biaya bukan masalah agama.
    diatas pula telah saya rincikan syarat hajji. bila memang syarat hajji ini tidak lengkap, salah satu saja hilang, ia bahkan dapat tidak boleh mengerjakan hajji. haram hajji. bila memang hajji menyebabkan ia melarat, itu menjadi haram. ingat, urutan rukun iman sebelum hajji adalah zakat, zakat ini untuk mengukur tingkat kekayaan mukmin. artinya, bila telah diketahui kekayaannya tidak baik untuk biaya perjalanan, maka tidak wajib haji, bahkan haram bila menjadi melarat.49 menit yang lalu · Suka


  • Viannesta Lee AAR~Saya tanya lagi pada anda...Apakah sangsi bagi mereka yang tidak melaksanakan ibadah HAJJI....????
    46 menit yang lalu · Suka

  • Amar Ar-Risalah
    dan dsni kelicikan org arab menurut saya,,dgn menciptakan sbuah agama lalu meraup uang yg bnyk dri haji n umroh....kita tau sndri klo pendapatan bngsa arab dri minyak bumi sedangkan minyak bumi adl SDA yg tdk dpt di perbahurui.....jdi mrkam'bwt agama dgn tujuan material saja,,,,,l

    sekali lagi saya tekankan, kewajiban hajji dalam Alquran telah ada sejak 1450 tahun yang lalu, dimana bahkan belum dikenal istilah minyak bumi, ekonomi berbasis pariwisata, apa lagi pajak perjalanan.. bila memang arab purba itu telah mengenal perhitungan biaya yang sedemikan seperti anda jelaskan itu, tentu lah tak ada yang mau menuanikan haji sejak dulu.
    dan bagi kami, Muhammad adalah memang orang Arab Ismailiyyah dan Jurhum, tetapi ia utusan Allah Tuhan Semua Bangsa. Sesembahan Manusia, bukan Sesembahan satu bangsa. siapapun nabi kami, darimanapun ia berasal, kami akan tetap mengikutinya.
    kualitas sebuah agama tidak ditentukan dari tempat apa ia pertama kali dibawa sang Nabi, tetapi bagaimana kualitas Ketuhanan dan Kehambaan dalam agama itu.45 menit yang lalu · Suka

  • Amar Ar-Risalah
    ‎Viannesta Lee

    seperti pula ibadah agama anda, hajji adalah perintah Tuhan. bila seorang yang telah "wajib" melaksanakan haji, ternyata hingga mati tidak juga melaksanakan, maka itu urusan dia dengan Allah. dan ia menjadi bahan renungan buat kita asemua yang masih hidup.
    sanksi untuk rukun islam yang tidak dijalankan adalah urusan Allah, bagaimana dosanya akan ditimbang kemudian dihari kiamat.
    kami (masyarakat islam) hanya dikenai kewajiban mengingatkan oleh Tuhan, tidak lebih. karena hajji bukan ibadah Mu'amalah dan akhlak (hubungan antar manusia) tetapi ibadah untuk Tuhan. berbeda dengan pencurian misalnya.40 menit yang lalu · Suka


  • Viannesta Lee Dari jawaban anda ini saya MENANGKAP satu pesan bahwa ibadah HAJJI cuma allah swt peruntukkan bagi SEKELOMPOK orang tertentu....Iya kan....????
    37 menit yang lalu · Suka

  • Amar Ar-Risalah ya. Orang Islam.
    36 menit yang lalu · Suka



  • Viannesta Lee ya. Orang Islam.
    >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
    saya sangat setuju dengan jawaban anda, tapi TENTUNYA orang islam yang memenuhi syarat secara EKONOMI kan....???? Jadi Kasihan mereka yang BERKEKURANGAN. Mungkin mereka juga RINDU ingin ke Mekkah tapi apa daya tangan tak sampai.
    Dengan demikian dapatkah di katakan bahwa allah swt ADIL dalam MENURUNKAN RUKUN ISLAM....????29 menit yang lalu · Suka

  • Amar Ar-Risalah yap, betul sekali...

    AllahTuhan kami teramat Maha Adil, justru disaat UmmatNya mengalami keanekaragaman kondisi ekonomi, pantaskah Tuhan Yang Rahmaan memaksa UmatNya mengerjakan sesuatu diluar kesanggupan mereka?
    bukankah bagi mereka yang tak dapat turut ke Makkah, Allah justru memberi peluang pahala lebih banyak dengan kekuatan kesabaran dan usaha, agar mereka kelak dapat menyusul sahabatnya yang telah dapat ke Makkah. Allah memahami, tak semua orang memiliki biiaya, kesehatan.. bahkan Ia memahami ada saatnya hati nurani kepada sesama lebih mulia ketimmbang sekedar ibadah untuk pribadi, ingatlah kisah Ulama dan si Pembuat Sepatu...
    lalu bagaimana pabila kewajiban ini disama ratakan seperti kewajiban shalat? nonsens, ummat justru akanmenjauh dari agama islam.24 menit yang lalu · Suka

  • Amar Ar-Risalah pada hakikatnya, Allah lebih dekat. lebih rindu Dia pada hati orang yang beriman tulus daripada kami yang merindukanNya.
    23 menit yang lalu · Suka

  • Amar Ar-Risalah dari semua rukun islam, hanya Syahadat yang termudah dilaksanakan. selanjutnya, berkaitan dengan "berkorbanlah dengan harta dan jiwamu"

    kita diperintahkan shalat, puasa dan zakat yang tingkat kesulitannya pun berbeda, ini menunjukkan setelah melaksanakan rukun islam menuju rukun lainnya Harus ada kenaikan kualitas diri, baik fisik maupun jiwa, baik kecintaan ukhrawi maupun ikhtiar duniawi.
    puncaknya adalah hajji, yang tersulit sekaligus terbesar karena menghimpun makna terbesar dalam islam. satu Tuhan, satu Aqidah dan satu Ummat. itulah keadilanNya, rahasia keadilan Tuhan.19 menit yang lalu · Suka

Diskusi Mengenai Tujuh Lapis Langit atau Tujuh Buah Langit

DALAM VIDEO DIATAS SEBAGAI BUKTI BAHWA MENURUT PANDANGAN ISLAM BUMI ITU ADA TUJUH BUKU DIATAS BERJUDUL "AWAL PENCIPTAAN MAKHLUQ SEBELUM PENCIPTAAN ALAM SEMESTA" YANG DISUSUN OLEH UST.LABIB MZ, PENRBIT BINTANG USAHA JAYA SURABAYA TAHUN 2003 PADA HALAMAN 11 DENGAN "JUDUL PENCIPTAAN ADAM" PADA PARAGRAF KEDUA DIKATAKAN DALAM SUATU HADIST YANG LAIN DITERANGKAN BERKATALAH WAHAB BIN MUNABBIH :ALLAH SWT MENCIPTAKAN NABI ADAM as DARI BERBAGAI BUMI YANG BERJUMLAH 7(BUMI) YAITU KEPALANYA DICIPTAKAN DARI BUMI YANG PERTAMA ,LEHERNYA DICIPTAKAN DARI BUMI YANG KEDUA ,DADA NYA DARI BUMI YANG KETIGA ,KEDUA TANGANNYA DICIPTAKAN DARI BUMI YANG KEEMPAT ,PUNGGUNG DAN PERUTNYA DICIPTAKAN DARI BUMI YANG KELIMA ,PAHA DAN PANTATNYA DICIPTAKAN DARI BUMI YANG KEENAM,DAN KEDUA BETISNYA DICIPTAKAN DARI BUMI YANG KETUJUH DAN BUKAN HANYA ITU, SUDAH 25 TAHUN YANG LALU PENAFSIR ALQURAN MENGAKUI BAHWA PLANIT ITU ADA TUJUH DIMANA TERDAPAT DALAM TAFSIR ALQURAN YANG DISUSUN OLEH H,ZAINUDDIN HAMIDY FACHRUDDIN .HS ,Penerbit widjaya tahun 1987, qs,23:17" sesungguhnya kami telah menciptakan tujuh jalan (planit) diatas kamu:dan kami tiada lengah memperhatikan makhluk" tetapi setelah para ilmuwan meneliti bahwa ternyata planit itu lebih dari tujuh, pada kurikulum 94 planit diakui ada 9 yaitu:merkurius ,venus, bumi,mars ,yupiter,saturnus,uranus,neptunus dan pluto dan setelah diteliti lagi ternyata pluto tidak termasuk planet maka pada tahun 2006 diakui bahwa planet itu ada 8,meskipun demikian tetap aja bertentangan dengan alquran tahun 1987 karna berdasarkan fakta planet bukan hanya tujuh melainkan 8, untuk menyembunyikan kepalsuan alquran itu makanya alquran direvisi lagi kata "planet" dirubah mjdi "tujuh buah Langit" coba bandingkan alquran tqhun 87"qs,23:17" sesungguhnya kami telah menciptakan tujuh jalan (planit) diatas kamu:dan kami tiada lengah memperhatikan makhlu sedangkan alquran sekarang qs:23:17 "Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan di atas kamu tujuh buah jalan [tujuh buah langit] dan Kami tidaklah lengah terhadap ciptaan [Kami]. DAN BEGITU JUGA PADA AYAT YG LAIN DITERANGKAN BHWA ALLAH MENCIPTAKAN 7 BUMI " Allah-lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi. ( Al-Qur`an Surat 65 Ath-Tholaaq : 12 ) langit menurut islam ada tujuh buah sebagaimana terdapat dlam [qs 23:17] Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan di atas kamu tujuh buah jalan (tujuh buah langit); dan Kami tidaklah lengah terhadap ciptaan (Kami). pada ayat diatas satuan dari langit adalah "buah" yaitu tujuh buah langit sehingga kalau kita lengkapi ayat diatas maka qs.65:12 Allah-lah yang menciptakan tujuh buah langit dan seperti itu pula bumi(tujuh buah bumi ..contoh lain kita misalkan pada kalimat diatas Allah yg menciptakan dua tangan seperti itu pula kaki artinya Allah yg menciptakan dua kaki dan dua tangan .. benarkah sains alquran yang mengatakan Allah menciptakan tujuh buah langit dan tujuh buah bumi??
Durasi: ‎2:11
· · · Rabu pukul 10:07

  • Wiwik Purwanti menyukai ini.
    • Amar Ar-Risalah Bismillahi rahmani rahiimi.

      Pertama, kita sepakati bahwa dalam agama islam dikenal banyak qiraat, yaitu versi pembacaan dan tafsir. Ini berefek kepada perbedaan mahzab dan tafsir.

      Kedua, kita sepakati bahwa kami tidak menuhnankan ulama. Kami menuhankan Allah Yang Kuasa dan Maha Penyayang.

      Ketiga, kita bediskusi, tidak mencari siapa yang kalah tetapi siapa yang benar dengan cara yang dibenarkan Tuhan Kita Bersama.

      1. Setelah pada ayat 12-16 Allah mewartakan kekuasaanNy menciptakan manusia, ia dalam ayatselanjutnya mengisahkan penciptaan alam. Wa laqad, dan sesunggunya, khalqnaakum, Kami telah menciptakan, fawqakum, diatas kalian, SAB’U, TUJUH, THARAAIQ, JALAN-JALAN (JAMAK) wa maa kunna, dan Kami tidaklah sekalpun, ‘anil khalqi, dari ciptaan, ghaafiliin, lengah.

      disini terlihat bahwa yang digunakan adalah kata “tharaaiq” jalan, bukan “ardh” yang artinya bumi. Kesalahan artikel/tafsiran labib (jika bukan kesalahan posting) adalah menafsirkan tharaaiq dengan planet. Dalam tafsir ibnu katsier, maksud ayat ini diletakkan diantara ayat yang menceritakan penciptaan manusia, ternyata secara menakjubkan telah dijelaskan dalam ayat lainnya : “sesungguhnya penciptaan langit dan bumi adalah lebih besar dari penciptaan manusia” dari segi apanya?

      Pertama, langit dan bumi secara fisik lebih menakjubkan dari manusia. Kita saksikan galaksi, black hole, air terjun, dll. Itu semua mematahkan kesombongan manusia.
      Yang dimaksud tharaaiq, dalam tafsir ibnu katsier, adalah tujuh langit, sebab kenapa?
      Ternyata Allah juga sudah menjelaskannya dalam ayat lain!
      “tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah menciptakan tujuh buah langt berlapis-lapis?

      jika memang yang dimaksud adalah bumi, tentu kata ganti yang digunakan bukan tharaaiq, jalan, sebab jalan identik dengan orbit, dan orbit HARUS BERADA DI LANGIT . jika yang di maksud adalah bumi, maka digunakan kata ganti yang smisal bumi. Misalnya, Ardh, daratan/bumi. Atau turab, tanah.

      2. Hadits yang digunakan oleh Labib, adalah hadits palsu sebab tidak ditemukan dalam 7 kitab hadits terkemuka. Hadits ini palsu, sebab berlawanan dengan firman Allah tentang penciptaan adam :dan kami ciptakan Adam dari tanah liat” bukan bumi, bukan pula tujuh bumi.

      :ALLAH SWT MENCIPTAKAN NABI ADAM as DARI BERBAGAI BUMI YANG BERJUMLAH 7(BUMI) YAITU KEPALANYA DICIPTAKAN DARI BUMI YANG PERTAMA ,LEHERNYA DICIPTAKAN DARI BUMI YANG KEDUA ,DADA NYA DARI BUMI YANG KETIGA ,KEDUA TANGANNYA DICIPTAKAN DARI BUMI YANG KEEMPAT ,PUNGGUNG DAN PERUTNYA DICIPTAKAN DARI BUMI YANG KELIMA ,PAHA DAN PANTATNYA DICIPTAKAN DARI BUMI YANG KEENAM,DAN KEDUA BETISNYA DICIPTAKAN DARI BUMI YANG KETUJUH DAN BUKAN HANYA ITU, SUDAH 25 TAHUN YANG LALU PENAFSIR ALQURAN MENGAKUI BAHWA PLANIT ITU ADA TUJUH DIMANA TERDAPAT DALAM TAFSIR ALQURAN YANG DISUSUN OLEH H,ZAINUDDIN HAMIDY FACHRUDDIN .HS ,Penerbit
      Dalam buku ini disebutkan perawi adalah wahab ibn munabbih. Ini saja sudah menggugurkan hadits, sebab hadits adalah perkataan Rasul, bukan perkataan tabi’in. Wahab bukanlah generasi sahabat nabi, tetapi dibawahnya lagi yang disebut tabi’in, orang yang pernah belajar kepada sahabat nabi. Wahab bukanlah seorang ahli tafsir.

      3. Dalam Ath-Thalaq disebutkan, Allah-lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi. ( Al-Qur`an Surat 65 Ath-Tholaaq : 12 )
      Kita luruskan. Ayat ini, jika ditafsirkan menjadi tujuh bumi, amatlah rancu. Sebab, seperti dalam 23:17 diatas diterangkan ada TUJUH LAPIS langit, dan menjadi keyakinan umum dalam islam bahwa langit, ada tujuh lapis,
      Sekarang,
      Jika saya ditanya: berapa jumlah langit?
      SATU
      Berapa lapis dia?
      TUJUH
      Berapa jumlah bumi?
      SATU
      Berapa lapis dia?
      TUJUH (medan magnet, atmosfir atas ( yang berhubunagn dengan ion dan antariksa), atmosfir bawah (yang berurusan dengan cuaca), litosfir, lapisan magma, inti luar, inti dalam)
      Seperti itulah bumi diciptakan atas tujuh buah lapisan. (bukan tujuh buah langit)

      4. Dalam tata bahasa arab, jika disebutkan angka tujuh, menjadi idiom, bukan berarti tujuh tetapi bilangan dibawah sepuluh yang belum diketahui pasti. Berlaku kelipatan persepuluhan. 70, 700, dst.

      5. Maknanya apa? Dalam islam hanya ada satu langit yang 7 lspis, dansatu bumi yang tujuh lapis. Lalu, jika bumi itu satu, kenapa ilmuwan mencari planet “serupa bumi”? sebab dalam quran disebutkan BUMI yang ditinggali MANUSIA. Alquran turun untuk manusia, dan pasti berbicara tentang hal yang ditinggali manusia.
      6. Jika memang tetap memaksa, tafsiran labib diatas juga berlawanan dengan firman “Khalifah Di Muka Bumi”
      Kenapa?
      Kita, manusia, saya dan anda, diciptakan untuk menjadi pengatur bumi. Apakah anda tidak keberatan untuk mengatur 7 buah bumi sekaligus? Andai pun dapat, maka ayat diatas menjadi tak berlaku, sebab BUMI yang disebutkan berkata ganti tunggal, bukan jamak.

      Allah membimbing kita.
    • Amar Ar-Risalah selanjtnya, jika memang yang dianut adalah tafsiran labib, kenaoa tidak satupun ahli tafsir yang menganut tujuh buah bumi? ini karena tadfsir itu bathil.
    • Amar Ar-Risalah satu lagi, buat Pangeran, untuk meriwayatkan dan menilai hadits itu ada tiga tingkatan. tingkat satu, LANGSUNG DIJADIKAN dasar. dua, DITIMBANG untuk dijadikan dasar. tiga, HARAM dijadikan dasar.
      syaratnya:

      tidak bertentangan dengan quran
      tidak bertentangan dengan hadits yang lebih kuat
      hadits yang kuat dinilai dari materi hadits, urutan periwayat, dan pribadi masing2 periwayat.

      hadits wahhab diatas bataal, karena bertentangan dengan quran dan rawinya hanya sampai dua orang sebelum rasul.

      Allaahu ma'ana.
    • Amar Ar-Risalah revisi yangterjadi, seperti kata pangeran, hanya pada terjemahannya, sesuai dengan perkembangan bahasa indonesia itu sendiri.

      kata aslinya, tetap berupa thaariq, jalan. dan semua umat yang paham bahasa arab tidak akan berselisih.
    • Pedilis Dops jangankan hadist dgn quraaan..., quraan sendiri mempertentangkan dirinya sendiri kok...? hadist vs quraan sudah jelas banyak pertentangan...mau hadist apa yang dipake pasti ada pertentangan dalm quraan. contoh: dalam quraan ada ayat yang menyuruh harus menghadap ka'bah bila shalat..tapi ayat lain quraan sendiri juga tak perlu ada kiblat bebas mengahadap..nah sekarang hadist berpihak ayat mana ? pasti ambil salah satu kan..selalu bertentangan...silahkan dijawab pake kepala dingin ..jngan pake erosi...
      Kamis pukul 20:17 melalui seluler ·
    • Amar Ar-Risalah setiap ayat memiliki sababun nuzul. ayat kedua, menghadap kesegala arah, turun ketika sekelompok sahabat kebingungan menentukan arah ka'bah.

      ini memberikan keringanan atas ayat pertama terhadao kelompok sahabat tadi. secara tekstual, memang bertentangan, tetapi, ternyata dibalik itu ada hubungan secara ekstrinsik.
    • Pangeran Bermarga Zega Haha perhatikan aja qs.23:17 tujuh buah jalan diklaim tujuh buah lngt ,bagaimana ya bntk langit itu shg satuannya adalah buah? Jd dlm alquran sgt lemah bhw tujuh bumi adalah tujuh lapis bumi krn pd penciptaan bumi dismakn dgn langit. Allah menciptakn tujuh lngt pdahal lngit itu adalah 7 buah bkn tujuh lpis jd bnar bhw bumi versi islm ada 7 buah.
      Kemarin jam 0:06 melalui seluler ·
    • Pangeran Bermarga Zega Yang perlu diingat sdh ada 3 bukti bhw menurut para ustd
      pd buku diatas terdpt bukti bhw bumi 7 buah, kmudian versy quran pd thn 87 mengatakn tujuh buah planit >bumi kan tmsk planet, dan alquran tjemahan skr mengatakn tujuh buah jln =tjh buah lngt itu lgsng tdpt dlm quran skrg. Jd sdh cukp bhw alquran itu palsu. Tdk mgknlah pnafsir alquran menafsir2 aja tanpa belajar dan mengkaji sesuai dgn maksd yg sbnarnya.
      Kemarin jam 0:11 melalui seluler ·
    • Pangeran Bermarga Zega Hadist diatas yg mengatakn 7 buah bumi tdk bertentangan krn ada ayat pendukungnya adalah Qs 23:17 dan Qs.65:12. Br bertentangan jika hadist tsb tdk ada pendukungnya sama sekali dlm alqurn.
      Kemarin jam 0:16 melalui seluler · · 1
    • Pangeran Bermarga Zega Yang perlu diingat sdh ada 3 bukti bhw menurut para ustd
      pd buku diatas terdpt bukti bhw bumi 7 buah, kmudian versy quran pd thn 87 mengatakn tujuh buah planit >bumi kan tmsk planet, dan alquran tjemahan skr mengatakn tujuh buah jln =tjh buah lngt itu lgsng tdpt dlm quran skrg. Jd sdh cukp bhw alquran itu palsu. Tdk mgknlah pnafsir alquran menafsir2 aja tanpa belajar dan mengkaji sesuai dgn maksd yg sbnarnya.
      Kemarin jam 0:17 melalui seluler ·
    • Amar Ar-Risalah ya, dan sudah saya bantah juga secara etimologis. bertentangan dengan akal fikiran hadits itu, dan mengapa hadits itu tidak sah.
    • Amar Ar-Risalah fatwa seorang ahli ulama, tidak dapat menjadi hujjah, apalagi menyangkut tafsir. yang bisa adalah ijtihad, hasil pemikiran "yang disepakati seluruh atau sebagian bear ulama tanpa ada yang membantah"
    • Pangeran Bermarga Zega Haha kta beralih pd faktanya buka qs 23:17 tdk dkatakn tujuh lapi lngt tp tujuh buah langt jd walaupun ada dikatakn tujuh buah langt berlapis tdk memungkiri bha lngt itu tetap tujuh dan tiap 1buah dia berlapis2 dan tdk menyangkal jk kt kaitkn ke bumi 7 buah bumi berlapis2 berarti tiap 1 bumi itu berlapis demikian seterusnya dan ini udah 3 faktanya. Jika anda merasa lbh hebat dr penafsir quran dan anda merasa lbh pntar dr mereka silahkn anda buat pndapt mu itu dan bagiku cuma asumsi krn faktanya pd penjelasn diatas
      Kemarin jam 0:37 melalui seluler · · 1
    • Pangeran Bermarga Zega Jd hadist diatas ada pendukungnya qs 23:17 dan qs.65:12 dan yg mjd renungan kt nggak mgknlah penafsir alquran menafsir dgn kehendaknya sndiri tanpa dikaji pd tujuan yg sbnarnya ,dan cukup dgn bkti2 diatas sngat kuat bhw menurut quran dan hadis bumi ada 7 buah. Dan tggllah anda yg mikir apakah alquran itu msh dikatakn bnar atau tdk. :)
      Kemarin jam 0:42 melalui seluler · · 1
    • Amar Ar-Risalah harus lihat bahasa arabnya... kata gantinya apakah tujuh thaariq, atau tujuh samaa'

      thariiq itu garis edar, atau jalur edar, atau jalur antara langit dengan langit.

      hadits tak bisa membatalkan quran. jika bertnantangan, haditsnya palsu. telah diterangkan kenapa hadits Wahb Ibn Munabbih tadi menjadi batal atau palsu.
    • Pangeran Bermarga Zega Okey aq ikuti dgn pendapat mu walaupn jelas2 7 buah jln=tujuh buah lngt dlm qurn mu, dan walaupun u klaim itu tujuh garis edar, apakah garis edar jagad raya ini cuma tujuh? Bagaimana dgn garis edar bnda lngt dr merkurius sampai pluto dan belm lg komet. Bknkah itu bertentangan dgn sains?
      Kemarin jam 0:54 melalui seluler · · 1
    • Amar Ar-Risalah ‎4. Dalam tata bahasa arab, jika disebutkan angka tujuh, menjadi idiom, bukan berarti tujuh tetapi bilangan dibawah sepuluh yang belum diketahui pasti. Berlaku kelipatan persepuluhan. 70, 700, dst.

      sedrhananya, dalam contoh langit tingkatannya adalah
      1. tata surya
      2. lengan galaksi orion
      3. galaksi bimasakti
      4. konstelasi gugus galaksi virgo
      5. konstelasi gugus super galaksi virgo
      6. jagad raya (deep field view)
      7. langit tempat Allah dan surga
    • Amar Ar-Risalah itu sederhananya. memahami bahasa quran, memang banyak kemungkinan multi tafsir, tetapi pasti ada satu yang mendekati kebenaran.
    • Pangeran Bermarga Zega Haha bknkah jelas2 disitu adalah garis edar? Ngerti gak garis edar? Garis edar adalah lintasan planet beredar, emgnya yg beredar langit ya? Haha
      Kemarin jam 1:05 melalui seluler ·
    • Amar Ar-Risalah ‎:) "jalan" bisa ditafsirkan bermacam-macam. garis edar, hanya satu dari sekian banyak arti "jalan"

      bisa berarti jalan -antar tingkat
      jalan-jembatan antar semesta
      jalan-orbit 7 jenis benda langit (misalnya, bumi, bulan, asteroid, matahari, galaksi, komet, dan planetoid)
      dll

      penafsiran quran itu selain ada aturannya, namun dinamis, diartikan menrut konteks dan berkembang sepanjang zaman.
    • Pangeran Bermarga Zega Tafsiran u diatas mengenai langit sangat lemah krn u blg lngit adalah tujuh buah berlapis2 kog tata surya dijadikan lapisan lngt? Dan u membedakan galaksi bima sakti dgn tata surya? Bknkah galaksi bima sakti merupakn ruanglingkup dalm tatasurya? Haha
      Kemarin jam 1:09 melalui seluler ·
    • Pangeran Bermarga Zega Jika tujuh buah jalan ditafsir dgn sembarang mis 7 orbit bnda langit mis.matahr,bumi seperti yg u tulis jelas2 btentangan krn planet bkn hanya bumi. Hehe
      Kemarin jam 1:13 melalui seluler ·
    • Amar Ar-Risalah ‎:) sekali kali kita harus menengok perkembangan jurnal.

      begini, yang sya tulis diatas adalah tingkatan urutan langit.
      seperti, alamat rumah. budi berada di rt 1 rw 2 kelurahn q.
      bumi, berada di tatasurya matahari, lengan virgo, konstelasi virgo.

      jadi, mengenai ini kita harus dapat menyatukan agama dan sains yang mutakhir.
      penjelasan kedua,
      sky, langit, apa bila manusia berbicara mengenai langit, maka yang tercenung tentu yang ada diatas atmosfir. ini adalah pemikiran sederhana. anggaplah, langit yang diatas atmosfir ini langit pertama. setelah teropon, ternyata ada tata surya, inilah anggap saja langit kedua. dan seterusnya.

      jadi, kita tinggal menunggu perkembangan ilmu pengetahuan saja.
    • Pangeran Bermarga Zega Jadi tujuh garis edar dlm ayat itu jelas2 bertentangan dgn sains.krn planet bkn hanya tujuh. Blm lg komet,belm lg satelit2 ,namanya aja garis edar liat aja dikams itu adalah lintasan planet
      Kemarin jam 1:16 melalui seluler ·
    • Amar Ar-Risalah sekali lagi, poin terpentingnya adalah, bukan bagaimana 7 langit itu. tetapi, bagaimana penciptaan langit itu menjadi pelajaran buat kita.

      lagi pula, bukan bidang kita membahas bagaimana langit itu, biarlah pihak astronomi menemukan jawabannya.
    • Pangeran Bermarga Zega Haha dr koment u aja nampak plin plan dan itu bkti bhw u tafsir2 aja sesuka hati u smua tafsiran u telah terbantah jika u beralih lg ke atmofer u jdkan lngt hmm kembali lg pd tafsiran mu sbg garis edar emgnya lngt beredar? Wah wah
      23 jam yang lalu melalui seluler ·
    • Amar Ar-Risalah sekali lagi, bahasa aslinya adalah Thaariq, yang oleh literer arab digunakan pada benda: jalan, selat, jembatan, garis edar, orbit, jalur, dan yang semisalnya.
    • Pangeran Bermarga Zega Hahaha kok kembali lg kelangit? Bknkah u sndiri yg mempertahankn mksd ayat itu adalah garis edar? Udah aq ikuti kmbali lg kelangit? Haha ah
      23 jam yang lalu melalui seluler ·
    • Pangeran Bermarga Zega Nah jika u artikan jalur bnda bknkah itu jg termsuk plnet/benda langit? Ya sama aja planet, emgnya bnda lngt hanya 7!
      23 jam yang lalu melalui seluler ·
    • Pangeran Bermarga Zega Jaln,jalur,orbit ,garis edar jelas2 itu merujuk pd planet. Emgnya garis edar,orbit cm tujuh? Hahaha
      23 jam yang lalu melalui seluler ·
    • Pangeran Bermarga Zega Jadi kalo aq nilai lebih tepat buku tfsir 87 yg menafir tujuh buah thaariq adalah tujuh planet krn garis edar,dan orbit erat kaitannya dr pd lngt ,krn yg beredar adalah planet bkn lngt tp sygnya bertentangan dgn sains hehe
      23 jam yang lalu melalui seluler · · 1
    • Amar Ar-Risalah planet?
      :) menurut pnelitiann stephen hawking, didukung penelitian pendahulu2,
      galaksi memiliki inti dan berputar
      galaksi juga ber rotasi.
      konstelasi galaksi pun demikian.mengelilingi alam seperti air pusaran
      seluruh alam semesta ini, jua berputar pada porosnya.

      ngomong2,, apa kata alkitab tentang hal ini?
    • Amar Ar-Risalah silakan saja, yang jelas biarkan astronomi menjawab keyakinan kita, mana yang tepat diantara tafsiran itu. bila kita belum tahu, tidak ada istilah salah, yang ada pencarian.
    • Pangeran Bermarga Zega Hahaha kalo u blg itu ttg galaksi tak pernah ada ilmu pengetahuan galaksi punya orbit dan berputar. Wah2 kalo seandainya galaksi berputr emgnya galaksi itu tujuh? Haha jd bertentangan lg dgn jalur bnda
      23 jam yang lalu melalui seluler ·
    • Pangeran Bermarga Zega Bayangkan aja jika u klaim adalah galaksi, jelas2 itu bertentangan krn bnda tiap2 1 galaksi sngt bnyak apalagi jika u katakan tujuh buah galaksi.haha br x ini aq dgr. Udah jutaan tuh bnda lngtnya ya bertentangan dgn thaarip /grs edar td hahaha
      23 jam yang lalu melalui seluler · · 1
    • Amar Ar-Risalah tujuh langit. galaksi, hanya satu contoh.

      bumi mengitari matahari
      matahari mengitari pusat galaksi
      galaksi mengitari pusat konstelasi
      konstelasi mengitari alam semesta yang belum diketahui batasnya.

      tujuh, bisa jadi adalah dalam pengertian "tak terbatas" sesuai kaidah bahasa arab.
    • Amar Ar-Risalah kita hanya terpaku kepada jumlah tujuh, hm.

      dan anda meyakini thaariq adalah garis edar planet. ya, silakan saja :) kita berbeda,
    • Pangeran Bermarga Zega Haha tujuh tdk terbatas? Hihhi jelas2 tujuh yg tujuh nah emgnya bnda lngt dlm tiap galaksi cm tujuh? Hahag br aku dgr 7=tak terbatas hehe
      23 jam yang lalu melalui seluler ·
    • Amar Ar-Risalah ‎:) itulah bahasa indonesia.
      kita bicara konteks alquran adalah bahasa arab.
    • Amar Ar-Risalah itu lah yang disebut nahwu, tata gramatika bahasa arab, dan balaghah. diksional.
    • Pangeran Bermarga Zega Haha bknkah anda sendiri yg blg thaariq garis edar, kalo bkn utk planet dan bnda langit lain nya trus sma siapa lg ?sma lngt ya? Egnya langt beredar dan berorbit? Jd planet lngt donk haha
      23 jam yang lalu melalui seluler ·
    • Amar Ar-Risalah lihat lagi pengertian Thaariq diatas:) ada banyak.